KLANTING

KLANTING

Klanting adalah salah satu cemilan yang terbuat dari bahan utama singkong . Desa Kuntili merupakan desa yang populer sebagai penghasil klanting di Sumpiuh . klanting ini berbentuk bundar kecil dan sangat lezat jika dinikmati dengan soto sokaraja. klanting ini juga sering dijadikan sebagai lauk pauk sebagai pengganti kerupuk. apabila anda pergi ke Desa Kuntili Sumpiuh jangan lupa membawa lanting ini sebagai oleh-oleh . harga klanting ini sangat terjangkau yaitu Rp.16000 per kg nya.

Berikut ini adalah cara membuatnya, karena untuk melakukan proses pembuatan-nya tidak terlalu susah, dan bahan yang digunakan-nya pun sangat sederhana dan mudah untuk kita dapatkan disekitar kita. 


Bahan-bahan untuk bikin klanting:

  • Siapkan singkong sebanyak 750 gram
  • Siapkan minyak goreng seperlunya, buat menggoreng

Bumbu yang akan dihaluskan:

  • Siapkan ketumbar sebanyak 1 sendok teh
  • Siapkan bawang putih sebanyak 4 siung
  • Siapkan garam sebanyak 1 sendok teh

Cara membuat klanting yang enak dan renyah:

1. Kukus maupun rebus singkong sampai matang. panas-panas singkong dihaluskan. campurkan bersama bumbu yang sudah dihaluskan, diuleni.
2. Ambil adonan singkong sedikit, pilin-pilin sampai berbentuk tambang, bentuk melingkar seperti cincin. jemur adonan dibawah matahari yang panas sampai betul-betul kering.
3. Minyak dipanaskan, goreng adonan singkong kering sampai matang serta sampai berwarna kecokelatan.

Tidak terlalu sulit bukan cara membuat resep klanting yang enak dan renyah ini? cuman memang proses nya sedikit lama yang paling utama dalam saat menjemur adonan. adonan pun perlu dijemur sampai betul-betul kering supaya hasilnya lebih sempurna. Selamat mencoba semoga sukses.

Related Posts

Komentar